You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kampung  Gaya Baru I
Kampung Gaya Baru I

Kec. Seputih Surabaya, Kab. Lampung Tengah, Provinsi Lampung

KWT GAYA BARU 1

PUTRI LESTARI 20 Oktober 2022 Dibaca 84 Kali
KWT GAYA BARU 1

Gaya Baru 1(20/10/2022).kelompok wanita tani (kwt) pada dasarnya sama dengan kelompok tani, yang membedakan adalah anggotanya adalah para perempuan yang melaksanakan usaha di bidang pertanian, para isteri petani yang juga para anggota kelompok tani.

seperti halnya kelompok tani (poktan), kelompok wanita tani (kwt) mempunyai fingsi yang sama dengan kelompok tani (poktan) antara lain :

a.kelas belajar:

kelompoktani merupakan wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap (pks) serta tumbuh dan berkembangnya kemandirian dalam berusaha tani sehingga produktivitasnya meningkat, pendapatannya bertambah serta kehidupan yang lebih sejahtera.

b.wahana kerjasama:

kelompoktani merupakan tempat untuk memperkuat kerjasama diantara sesama petani dalam kelompoktani dan antar kelompoktani serta dengan pihak lain. melalui kerjasama ini diharapkan usaha lainnya akan lebih efisien serta lebih mampu menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

c.unit produksi:

usahatani yang dilakukan oleh masing-masing anggota kelompoktani, secara keseluruhan harus dipandang sebagai suatu kesatuan usaha yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi, baik dipandang dari segi kuantitas, kualitas maupun kontinuitas.

selain fungsi diatas, kelompok wanita tani (kwt) juga mempunyai fungsi lain yang sangat penting dalam mendukung suksesnya progam penyuluhan pertanian, yaitu sebagai back up kelompok tani. maksudnya adalah sering terjadi penyampaian materi penyuluhan yang berupa teknis budidaya yang baik yang disampaikan melalui kelompok tani (poktan) utamanya yang yang memerlukan tembahan biaya tidak dilaksanakan karena tidak adanya dukungan dari keluarga tani terutama para isteri petani itu sendiri, hal ini dikarenakan sang isteri tidak memahami materi yang disampaikan tersebut dan adanya kepentingan lain. tetapi apabila meteri teknis budidaya yang sama disampaikan pula kepada para isteri petani yang tergabung dalam kelompok wanita tani (kwt), maka tingkat pelaksanaan materi penyuluhan yang disamaikan melalui poktan akan lebih besar, hal ini dikarenakan para isteri petani juga memahami dam mengerti tujuan materi yang disampaikan melalui poktan, sehingga akan mendukung sang suami untuk melaksanakan apa materi yang disampaikan oleh penyuluh pertanian

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image